Selasa, 21 Oktober 2014

Instalasi Exchange 2013 Server di Windows Server 2012




Instalasi Exchange 2013 Server di Windows Server 2012


exchange_logo

Pada tutorial sebelumnya saya meberikan Working Instruction cara instalasi Exchange Server 2010, kali ini saya akan membuat tutorial langkah langkah instalasi Microsoft Exchange 2013 Server.  Untuk Spesifikasi server yang dibutuhkan bisa dilihat disini. Enjoy

Cara Instalasi Microsoft Exchange 2013 Standard Edition :
  1. Buka Windows PowerShell, ketikkan perintah :
    #Install-WindowsFeature RSAT-ADDS
    Lalu :
    #Import-Module ServerManager
  2. Apabila server hanya sebagai Mailbox-role atau gabungan Mailbox-CAS-role server,  buka Windows PowerShell lalu ketik perintah di bawah ini :
    #Install-WindowsFeature AS-HTTP-Activation, Desktop-Experience, NET-Framework-45-Features, RPC-over-HTTP-proxy, RSAT-Clustering, RSAT-Clustering-CmdInterface, RSAT-Clustering-Mgmt, RSAT-Clustering-PowerShell, Web-Mgmt-Console, WAS-Process-Model, Web-Asp-Net45, Web-Basic-Auth, Web-Client-Auth, Web-Digest-Auth, Web-Dir-Browsing, Web-Dyn-Compression, Web-Http-Errors, Web-Http-Logging, Web-Http-Redirect, Web-Http-Tracing, Web-ISAPI-Ext, Web-ISAPI-Filter, Web-Lgcy-Mgmt-Console, Web-Metabase, Web-Mgmt-Console, Web-Mgmt-Service, Web-Net-Ext45, Web-Request-Monitor, Web-Server, Web-Stat-Compression, Web-Static-Content, Web-Windows-Auth, Web-WMI, Windows-Identity-Foundation
  3. Apabila server hanya sebagai CAS-role saja, ketik perintah di bawah ini pada Windows PowerShell :
    #Install-WindowsFeature AS-HTTP-Activation, Desktop-Experience, NET-Framework-45-Features, RPC-over-HTTP-proxy, RSAT-Clustering, RSAT-Clustering-CmdInterface, RSAT-Clustering-Mgmt, RSAT-Clustering-PowerShell, Web-Mgmt-Console, WAS-Process-Model, Web-Asp-Net45, Web-Basic-Auth, Web-Client-Auth, Web-Digest-Auth, Web-Dir-Browsing, Web-Dyn-Compression, Web-Http-Errors, Web-Http-Logging, Web-Http-Redirect, Web-Http-Tracing, Web-ISAPI-Ext, Web-ISAPI-Filter, Web-Lgcy-Mgmt-Console, Web-Metabase, Web-Mgmt-Console, Web-Mgmt-Service, Web-Net-Ext45, Web-Request-Monitor, Web-Server, Web-Stat-Compression, Web-Static-Content, Web-Windows-Auth, Web-WMI, Windows-Identity-Foundation
  4. Setelah itu restart server, dan install aplikasi pendukung yang di butuhkan Microsoft Exchange :
    Microsoft Unified Communications Managed API 4.0, Core Runtime 64-bitMicrosoft Office 2010 Filter Pack 64 bitMicrosoft Office 2010 Filter Pack SP1 64 bitSumber : http://technet.microsoft.com/en-us/library/bb691354%28v=exchg.150%29.aspx
  5. Buka Windows PowerShell, lalu ketikkan perintah :
    #setup /Preparead /IAcceptExchangeServerLicenseTerms
    #setup /PrepareSchema /IAcceptExchangeServerLicenseTerms
    #setup /Preparedomain /IAcceptExchangeServerLicenseTerms
  6. Buka Command Prompt (cmd), pindah ke lokasi cd installer Microsoft Exchange 2013, masuk ke folder Scripts. Lalu ketikkan perintah dibawah ini :
    #Servermanager  –inputpath exchange-typical.xml
  7. Sekarang mulai instalasi dengan menjalan file setup.exe
  8. Selanjutnya akan keluar tampilan seperti yang dibawah ini, update check Exchange, Pilih Don’t check for update right now
    img1-Tutorial_Mail_Server_ms_Exchange2013_di_Win_Server2012
  9. Selanjutnya copy file required untuk install exchange.
  10. Selanjutnya akan exchange akan menampilkan kelebihan exchange 2013, pilih Next untuk melanjutkan.
  11. Setelah itu akan keluar tampilan License Agreement. Yang bertujuan untuk menyetujui peraturan dan hak pengguna. Pilih I Accept the thems in the license agreement untuk menyetujui proses instalasi.
  12. Selanjutnya akan keluar tampilan seperti yang di bawah ini, Recommended settings. Yang bertujuan untuk memilih instalasi setting. Pilih Use recommended setting  untuk menginstall secara default.
    img2-Tutorial_Mail_Server_ms_Exchange2013_di_Win_Server2012
  13. Setelah itu akan keluar tampilan seperti yang dibawah ini, Server Role Selection. Yang bertujuan untuk memilih Exchange sebagai apa. Lalu pilih next.
    Mailbox Role            : Yaitu Exchange sebagai Mailbox saja.
    Client Access Role  : Yaitu Exchange sebagai Client Access Role atau hanya sebagai perantara antara server mail bengan
    client.
    img3-Tutorial_Mail_Server_ms_Exchange2013_di_Win_Server2012
  14. Setelah anda memilih type exchange makan selanjutnya akan keluar tampilan seperti yang dibawah ini. Anda diminta memasukan nama organisasi anda. Lalu pilih next.
    img4-Tutorial_Mail_Server_ms_Exchange2013_di_Win_Server2012
  15. Selanjutnya akan akan keluar tampilan seperti yang dibawah ini, Malware Protection Settings. Yaitu exchange akan otomatis mendisable malware scanning secara otomatis jika anda pilih yes, pilih No Untuk mengaktifkan scanning Malware atau antispam.
    img5-Tutorial_Mail_Server_ms_Exchange2013_di_Win_Server2012
  16. Jika sudah maka Exchange akan otomatis memeriksa prerequisite aplikasi dan feature tambahan untuk mendukung performance exchange tersebut. Selanjutnya pilih Install untuk melanjutkan instalasi.
  17. Selanjutnya proses instalasi, ini membutuhkan waktu yang lama.
  18. Setup Completed, Kemudian klik Finish untuk melanjutkan langsung menuju Exchange Administrator Center.
  19. Selanjutnya login sebagai Administrator untuk mengkonfigurasi Exchange Administrator Center.
    img6-Tutorial_Mail_Server_ms_Exchange2013_di_Win_Server2012
  20. Tampilan Awal Exchange Control Panel.
    img7-Tutorial_Mail_Server_ms_Exchange2013_di_Win_Server2012Feature Pane
  1. Recipients Berfungsi mengelola kotak surat, kelompok, kotak pesan sumber, kontak, kotak pesan bersama, dan migrasi kotak pesan dan bergerak.
  2. Permissions Berfungsi mengelola peran administrator, peran pengguna, dan kebijakan Outlook Web App. 
  3. Compliance Management Berfungsi mengelola In-Place eDiscovery, In-Place Hold, audit, pencegahan hilangnya data (DLP), kebijakan retensi, tag retensi, dan aturan jurnal. 
  4. Organization Berfungsi mengelola tugas-tugas yang berhubungan dengan organisasi Exchange Anda, termasuk berbagi federasi, Apps Outlook, dan daftar alamat. 
  5. Protection Berfungsi mengelola perlindungan anti-malware untuk organisasi Anda. 
  6. Mail Flow Berfungsi mengelola aturan, laporan pengiriman, domain diterima, kebijakan alamat email, dan mengirim dan menerima konektor. 
  7. Mobile Berfungsi mengelola perangkat mobile yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke organisasi Anda. Anda dapat mengatur akses perangkat mobile dan kebijakan kotak pesan perangkat mobile. 
  8. Dalam folder publik Exchange 2010, Anda harus mengelola folder publik dengan menggunakan Public Folder Management Console, yang terletak di luar EMC pada Toolbox. Dalam Microsoft Exchange 2013, folder publik dapat dikelola dari dalam wilayah fitur folder publik. 
  9. Unified Meassaging Berfungsi mengelola rencana sambung UM dan UM gateway IP. 
  10. Server Berfungsi mengelola Mailbox and Client Access servers, databases, database availability groups (DAGs), virtual directories, and certificates.
  11. Hybrid ini adalah di mana Anda akan membuat dan mengkonfigurasi sebuah Hybrid organization.

Tabs
Tab adalah tingkat kedua navigasi. Masing-masing daerah fitur berisi berbagai tab, masing-masing mewakili fitur yang lengkap. Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah area fitur Hybrid. Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan organisasi Anda untuk penyebaran hibrida dengan menggunakan wizard Konfigurasi Hybrid.

Toolbar Menu

  • img8-Tutorial_Mail_Server_ms_Exchange2013_di_Win_Server2012Add: Berfungsi Untuk Menambahkan.

  • img9-Tutorial_Mail_Server_ms_Exchange2013_di_Win_Server2012Edit: Berfungsi Untuk Mengatur ulang Mailbox.

  • img10-Tutorial_Mail_Server_ms_Exchange2013_di_Win_Server2012Delete: Berfungsi Untuk Menghapus Mailbox.

  • img11-Tutorial_Mail_Server_ms_Exchange2013_di_Win_Server2012Search: Berfungsi Untuk Mencari Mailbox.

  • img12-Tutorial_Mail_Server_ms_Exchange2013_di_Win_Server2012Refresh: Berfungsi Untuk Memperbarui Atau Update Terbaru Mailbox.

  • img13-Tutorial_Mail_Server_ms_Exchange2013_di_Win_Server2012More: Berfungsi Untuk Mencari Lebih Pengaturan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar